NEWS
DETAILS
Rabu, 08 Oct 2014 08:33 - Honda Revo Club Jakarta

JAKARTA----Banyak biker yang mengeluhkan soal borosnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor mereka. Padahal dari pabrikan dikatakan irit. Sebenarnya boros dan tidaknya motor bergantung pemakaiannya.

Apa saja penyebab konsumsi BBM bisa boros. Pengetahuan ini didapatkan oleh Penyebabnya banyak. Biasanya cara pemakaian yang tidak wajar, seperti sering ngebut di atas kecepatan rata-rata, kurang perawatan, sering mainin gas saat berhenti di lampu lalu lintas.

Selain itu, kadang pemilik salah setting rantai. Banyak bikers yang gak ngerti fungsi rantai, kadang ada yang pakai gear buat balapan dipakai buat harian, bahkan rantai sering kendur, akibatnnya, ketika gas ditarik lama bereaksi.

Permasalahan lainnya lakher (bearing) yang aus, karena jika lakher seret atau  terkikis dapat menyebabkan tromol terjepit sehingga putarannya menjedi tersendat.

Seal karet kaliper juga mesti diperhatikan, jika sudah keras sebaiknya segera diganti. Jika seal karet sudah keras akan mengakibatkan kampas rem tidak bisa kembali sempurna ketika habis menekan rem, sehingga putaran roda jadi berat.

Perhatikan juga kampas kopling. Jika kampas kopling sudah tipis maka kinerja pemindahan tidak maksimal, sebaiknya segara lakukan penggantian kampas kopling.

Komponen sepele seperti filter udara yang kotor bisa mengakibatkan bensin boros. Apalagi untuk bagian yang satu ini, selalu periksa paking knalpot, jangan sampai bocor, sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot.

Penyebab bensin boros bisa disebabkan karena tarikan gas yang seret atau kurang lancar. Agar tidak mudah seret, caranya dicuci dengan cairan pembersih dan dilumasi oli.---Ricky

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK