NEWS
DETAILS
Kamis, 01 Feb 2018 19:52 - Honda Revo Club Jakarta

Jakarta, 1 Februari 2018 - Cuaca saat ini yang tak menentu. Inilah yang justru menjadi musuh bagi motor kesayangan kita, apalagi yang sering berada di luar terkena hujan dan terjemur panas di parkiran. 

Bisa jadi musuh untuk beberapa komponen kendaraan yang terbuka, khususnya sepeda motor, karena air hujan yang mengandung asam berpotensi memicu timbulnya korosi.

Ketika air hujan yang menempel pada logam tak dibersihkan, lalu kembali terkena panas matahari yang menyengat, di sinilah awal mula ”permusuhan” antara cuaca ekstrem dan kendaraan.

Efek paling buruk terjadi saat air hujan yang telah menempel di kendaraan terkena sengat matahari.

Hal itu berakibat lebih cepat karatan pada komponen tertentu. Baiknya, segeralah cuci kembali kalau kena hujan. Nah, inilah beberapa komponen sepeda motor yang perlu dijaga:

1. Lengan ayun
Buat pemilik motor bebek atau sport, perhatikan bagian ini. Banyak rongga tertutup, membuatnya sulit dibersihkan. Lama-lama, karat menempel.

2. Rem
Lempengen besi cakram dan kanvas rem akan mudah karatan kalau sering kena air hujan dan tak dibersihkan. Bunyi-bunyian juga akan mudah hinggap.

3. Suspensi
Perhatikan poros-porosnya, pastikan tidak ada air hujan membekas di daerah ini. Karena jika debu dan air hujan menempel dan kena panas, komponen karet atau sil lebih mudah getas.

4. Rantai
Rantai jadi part yang paling gampang timbul karat akibat terkena air hujan. Untuk mengatasinya, biasakan rutin membersihkan atau menyemprotkan chain lube di rantai.

(Foto : Fd)

5. Besi-besi penting
Komponen ini kerap dilupakan, misalnya sambungan-sambungan yang bergerak seperti standar samping, pivot lengan ayun atau tuas rem dan kopling. Awasi gejala timbulnya karat.

6. Knalpot
Knalpot keropos dan mudah berkarat. Suhu tinggi pada leher knalpot, berakibat perubahan warna pada bagian tersebut. Lambat laun pada bagian tersebut juga menimbulkan karat, bersihkan lebih sering dan boleh juga dilapis cat tahan panas. (sumber : www.gridoto.com)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK