NEWS
DETAILS
Jumat, 09 Aug 2019 19:39 - Honda Revo Club Jakarta

Jakarta, 9 Agustus 2019 - Berwisata alam punya banyak manfaat dan juga penting bagi kesehatan. Seperti yang di beritakan kumparan.com berwisata dengan nuansa alam mampu menciptakan pikiran yang lebih segar dan positif.

Bergelut dengan rutinitas sehari-hari sering kali membuat kita merasa jenuh bahkan stres. Nah, buat yang merasakan hal ini, berarti kamu harus meluangkan waktu untuk berlibur ke alam terbuka. Karena dengan berada di alam terbuka tingkat stres akan menurun.

(Foto : HRC Jakarta)

Studi dari Glasgow University menunjukkan bahwa orang yang berjalan, bersepeda, atau berlari di alam memiliki resiko yang lebih rendah terkena gangguan kesehatan mental yang buruk daripada orang yang ada di dalam ruangan.

Selain dapat menghilangkan stres, berlibur ke alam terbuka juga dapat meningkatkan konsentrasi. Ini karena saat kita berinteraksi dengan alam, otak kita akan beristirahat dari overstimulasi sehari-hari yang dapat memiliki efek restoratif pada tingkat perhatian kita.

Untuk yang satu ini tidak jarang kita melakukannya dengan mengkonsumsi obat, makanan, atau minuman yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Padahal semua itu tidaklah menjanjikan bahwa kekebalan tubuh kita akan meningkat.

(Foto : HRC Jakarta)

Nah, untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebenarnya kita tidak perlu repot-repot. Karena kita hanya diminta untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk menikmati alam yang hijau. Alam yang hijau inilah yang menjadi obat untuk kekuatan fisik dan psikis kita.

Berlibur memiliki peran penting bagi timbulnya efek positif di diri seseorang. Karena setelah liburan kita akan merasa senang, semangat, dan lebih termotivasi. Semua faktor psikologis itu dapat membuat kita lebih siap dalam melakukan aktivitas apapun. Selain itu lewat faktor psikologis tingkat kreatif, inovatif, dan daya juang kita akan meningkat.

Salah satu manfaat dari berwisata alam ternyata dapat meningkatkan keharmonisan juga lho. Ini karena tujuan dari berwisata adalah untuk membangun ikatan positif antar pribadi. Maka dari itulah, kebanyakan orang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga, teman, ataupun pasangannya.

(Foto : HRC Jakarta)

Berbicara mengenai manfaat wisata alam, tentu saja akan berkaitan dengan destinasi wisata yang dituju. Nah, buat yang bingung akan menikmati wisata alam mana yang pas, kalian bisa mengunjungi Curug Ciputri dengan menikmati wisata alam pohon pinus.

Curug Ciputri juga merupakan area Bumi Perkemahan bisa menikmati keindahan alam yang asri dan juga jauh dari hiruk pikuk kota. Jadi pas banget jika kamu ingin merasakan manfaat dari wisata alam tersebut.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK